Kamis, 06 Januari 2011

Teknologi Dan Informasi pada berbagai bidang

Secara garis besar sumber informasi dapat diperoleh melalui dua media yaitu cetak dan elektronik. Informasi dari media cetak misalnya koran, majalah, buku, jurnal dan lain-lain. Sedangkan dari media elektronik misalnya radio, televisi, internet, dan sebagainya.  Coba anda pikirkan, bila  anda akan memberi kabar tentang kenaikan kelas kepada kakek dan nenek yang tempat tinggalnya berjarak kurang lebih 100 km dari rumah anda. Berapa biaya yang diperlukan dan berapa lama kabar tersebut sampai ditempat tujuan bila menggunakan cara di bawah ini.
a.      Datang sendiri dengan kendaraan umum yang ada di lingkungan anda (bus, kereta api, kapal, dan sebagainya)
  b. Dikirim lewat pos  
c. Disampaikan lewat telepon
d. Dikirim lewat sms HP
e. Dikirim lewat internet
Telah Anda ketahui bahwa salah satu hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi komputer. Manfaat komputer dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah beragam. Mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisnis. Sekarang  para manajer, para pendidik, para pejabat, para peneliti dan masyarakat luas telah banyak mempergunakan komputer dalam kehidupan sehari-harinya sebagai alat bantu yang sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sangat melelahkan dan memakan waktu lama. Dengan demikian komputer sudah merupakan peralatan bagi kebutuhan masyarakat luas dan tidak terbatas hanya untuk kalangan tertentu saja. 
Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri metal, Programmable Locic Controller, alat otomatisasi industri) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita sulit  membayangkan  apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya perusahaan topi bodir dapat memproduksi topi dengan kualitas gambar bordir yang seragam dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.
Di perusahaan dagang seperti department store telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya saja.
Para seniman atau designer dapat memanfaatkan komputer karena gambar dapat diubah atau disajikan dalam bentuk digital. Para arsitek dan perancang kota secara luas memanfaatkan kemampuan komputer untuk menggambar dalam bentuk tiga dimensi yang dapat ditampilkan dan dilihat dari berbagai arah. Para musisi juga telah mendapatkan cara dalam memanfaatkan komputer, baik untuk menulis, merekam maupun memainkan musik yang telah dikode secara digit. Semua informasi baik musik (suara) maupun gambar dapat direkam atau disimpan di dalam disk yang dapat dibaca ulang secara optis oleh laser. 
            Dalam bidang pertanian dan bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi ini.

Dibidang otomotif, banyak kendaraan terbaru yang telah dilengkapi dengan sistem komputer sehingga penggunaan bahan bakarnya dapat diatur sedemikian rupa sampai taraf sangat efisien untuk sebuah perjalanan yang jauh. Bus-bus penumpang sudah dilengkapi dengan sistem kontrol komputer dan sensor-sensor canggih sehingga mengendarai bus tersebut terasa lebih aman.
               Penerapan kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan pesawat angkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam dan sulit dilakukan oleh seorang pilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat dikendalikan secara otomatis sehingga bisa terbang dengan selamat di tujuan.


 
 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar